Senin, 09 Januari 2012

Mengidentifikasi masalah social di lingkungan sekitar


Mengidentifikasi masalah social di lingkungan sekitar
Menurut Harris Pramudyantoro,  Masalah sosial adalah suatu hal atau kejadian jika semua warga masyarakat ikut merasakan pengaruh dari masalah tersebut. Lain halnya dengan Masalah Pribadi yaitu masalah yang dialami dan dihadapi oleh individu (pribadi).
Contoh dari Masalah Sosial :
1.     Tindak kejahatan
Contoh tindak kejahatan adalah pencurian, perampokan, penjambretan, pencopetan, pemalakan, korupsi, pembunuhan, dan penculikan. Banyaknya tindak kejahatan menciptakan rasa tidak aman. Perampokan dan penodongan menggunakan senjata api sering terjadi di kota besar. Di desa pun sering terjadi pencurian. Misalnya, ada yang mencuri ternak, hasil pertanian, hasil hutan, dan sebagainya.
Kesimpulannya adalah tindakan kejahatan seperti pencurian dan perampokan disebabkan karena kemiskinan dan pengangguran dilingkungan sekitar. Oleh karena itu, pemerintah dan lingkungan setempat harus bisa menciptakan suatu lapangan pekerjaan untuk bantu-membantu satu sama lain. Selain itu juga keamanan dilingkungan harus ditingkatkan untuk mencegah supaya tidak terulang kembali kejadian tersebut. Contohnya: seperti diadakan ronda malam bagi lingkungan sekitar.
*Arti dari masalah sosial saya dapatkan dari Harris Pramudyantoro
*Gambar dari masalah sosial saya dapatkan dari sumber: Dokumen GPM

Tidak ada komentar:

Posting Komentar